Pengertian Lari Estafet beserta Sejarah dan Teknik nya

Pengertian Lari Estafet – merupakan salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilakukan secara bergantian atau be ranting.

Olahraga atletik lari estafet juga bisa disebut dengan lari sambung. Adapun definisi lain tentang  pengertian lari estafet.

Lari estafet adalah olahraga yang menggunakan tongkat dimana setiap pelari dalam setiap anggota tim bergiliran menyelesaikan serangkaian kegiatan didalam arena.

Dalam satu anggota tim terdapat empat orang pelari yaitu, pelari pertama, kedua, ketiga, dan ke empat. Pada olahraga lari estafet mempunyai ke unik kan khusus dari lari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari dengan cepat dari pelari sebelumnya ke pelari selanjutnya.

Selain lari estafet, masih banyak cabang atletik lainnya baca selengkapnya tentang macam-macam atletik.

Tujuan dari olahraga lari estafet ini ialah menyerahkan tongkat ke pelari berikutnya dengan dalam waktu tertentu yang biasanya ditandai dengan segitiga di dalam trek nya.

Untuk nomor yang biasa dipertandingkan yaitu nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter (1.600 meter). Setelah membahas tentang pengertian lari estafet berikut sejarah tentang lari estafet

Sejarah Lari Estafet dan Perkembangannya

Hasil gambar untuk sejarah lari estafet
www.yuksinau.id

Sejarah lari estafet ini merupakan salah satu sejarah olahraga atletik yang harus kalian ketahui. Olahraga lari estafet merupakan olahraga yang membutuhkan kerjasama tim. Seperti namanya olahraga ini terjadi suatu proses estafet dari satu atlet ke atlet lainnya untuk mencapai garis finish.

Lari estafet atau lari sambung dimulai dari bangsa Aztek, Inka, dan Maya.  Dalam sejarahnya, ketiga suku bangsa ini melakukan sebuah misi dengan menggunakan teknik lari, secara bersambung atau bisa disebut estafet. Tujuan dalam misi tersebut adalah menyampaikan sebuah kabar berita.

Selain itu lari estafet ini juga pernah dilakukan oleh bangsa Yunani Kuno. Berbeda dengan ketiga suku bangsa tadi, Yunani kuno menggunakan estafet dalam rangka pemujaan spritual. Untuk benda nya sendiri bangsa Yunani menggunakan obor yang diberikan secara bersambung-sambung.

Dalam sarana estafet nya, Bangsa Yunani menggunakan api keramat dalam bentuk obor. Kemudian api keramat tersebut di teruskan secara berturut-turut ke jajahan-jajahan baru untuk melakukan pemujaan kepada para leluhur nya.

Dari sejarah tadilah terinspirasi olahraga lari estapet, kemudian pada tahun 1992 silam, olahraga ini mulai di selenggarakan . Hingga kemudian menjadi olahraga yang di Olimpiade kan.

Untuk cabang lainnya dari atletik yang sama mengunakan benda dalam melakukannya yaitu, lempar cakram.

Teknik Lari Estafet

Hasil gambar untuk teknik lari estafet
spiritriau.com

Teknik adalah sebuah tahapan dalam melakukan sesuatu.  Dalam semua jenis olahraga tentunya mempunyai sebuah teknik dasar dalam bermain nya. Sama halnya dengan olahraga lain, olahraga estafet juga mempunyai teknik dasar dalam bermain nya. Berikut beberapa teknik lari estafet.

1. Teknik Start

Hasil gambar untuk teknik start lari estafet
gudangpelajaran.com

Teknik start yaitu suatu sikap serta gerakan awal untuk memulai lari. Sama hal nya seperti di ajang balap lari lain, posisi pertama pada lari estafet di start adalah jongkok.

Dalam posisi jongkok saat start, yang harus diperhatikan ialah tata letak tangan yang harus berada di belakang garis start. Kemudian tongkat yang sedang di pegang oleh pemain tidak diperbolehkan menyentuh garis start.

Hal ini perlu dilakukan supaya tidak mendapat diskualifikasi yang akan merugikan tim

2. Teknik Memegang Tongkat

Hasil gambar untuk teknik memegang tongkat estafet
moondoggiesmusic.com

Teknik memegang tongkat juga mempunyai teknik dalam cara memegang tongkatnya.  Cara memegang tongkat yang benar ialah dengan memegang nya dibagian ujung hingga setengah bagian dengan menggunakan tangan liri atau pun kanan. Menggunakan tangan yang sekiranya kuat dan stabil.

3. Teknik Memberi dan Menerima Tongkat

Hasil gambar untuk teknik memberi tongkat estafet
walpaperhd99.blogspot.com

Teknik memberi dan menerima tongkat ini biasanya terdapat area khusus dalam melakukannya. Pemberian atau penerimaan tongkat ini di lakukan oleh pelari dalam suatu anggota tim.

Area khusus untuk memberi atau menerima tongkat di sebut dengan wissel. Untuk panjang area wissel sendiri ialah 20 meter dan hindari pemberian atau penerimaan tongkat di luar area ini, karena akan menyebabkan atlet dan tim di diskualifikasi.

Untuk penerimaan tongkat sendiri terdapat dua bagian yaitu

  •  Penerimaan tongkat secara visual yaitu dengan cara melihat ke belakang
  • Penerimaan tongkat secara non visual yaitu dengan cara tidak melihat yaitu posisi pandangannya kedepan.

Untuk teknik nya sendiri untuk memberi atau menerima tongkat terdapat teknik yang perlu aplikasi kan di antaranya:

  • Downsweep
  • Upsweep
  • Push pass

4. Teknik Pelari Pertama

untuk pelari estafet pertama
www.medcom.id

Teknik untuk pelari pertama yaitu tempatkan starter terbaik anda terlebih dahulu.  Untuk pelari pertama idealnya memiliki titik metode lepas landas yang baik dan bisa untuk meminimalisir kesalahan atau bahkan untuk tidak melakukan kesalahan.

Untuk posisi pertama ini juga memerlukan pelari yang mampu berlari dengan cepat  di tikungan lintasan oval.

5. Teknik Pelari Kedua 

teknik pelari kedua
beritagar.id

Kemudian untuk teknik pelari kedua yaitu harus memiliki kemampuan untuk menyempurnakan keterampilan penerimaan tongkat, karena untuk pemain ke dua melibatkan penerimaan dan pemberian tongkat. Selain hebat dalam pemindahan tongkat juga harus cepat.

Untuk leg kedua ini trek nya lurus dan trek ini cocok untuk pelari cepat yang tidak terlalu bagus saat lari di tikungan.

6. Teknik Pelari Ketiga

teknik pelari ke tiga
mediaindonesia.com

Pelari ketiga juga menguntungkan bagi pelari dengan kemampuan perpindahan tongkat yang bagus juga baik dalam hal kemampuan bersaing di bawah tekanan.

Pelari dengan tinggi yang lumayan pendek juga baik berada disekitar lintasan yang menikung, karena mereka bisa melaju lebih cepat di banding pelari yang lebih tinggi.

7. Teknik Pelari Keempat

Hasil gambar untuk lari estafet
arenanewspos.wordpress.com

Teknik pelari keempat yaitu, karena tingkat persaingan sangat tinggi, maka  pilih lah pelari dengan teknik finishing yang baik.  Pada pelari keempat ini, tidak hanya skill dan kecepatan berpengaruh, tapi juga kondisi psikologis juga sangat menentukan.

Oleh karena itu sangat penting untuk memilih pelari keempat yang mempunyai kecepatan dan stamina di atas rata-rata.

8. Teknik Lari Pada Jalur yang Tepat Lari estafet

Teknik Lari Pada Jalur yang Tepat
www.frewaremini.com

Teknik lari pada jalur yang tepat ini sangat di butuhkan. Ketika semua berjalan dengan baik dan pelari juga ada di lintasan yang tepat, maka lari estapet ini akan mengalami sebuah perpindahan tongkat.

Dengan tanpa ada kesalahan dan juga sentakan pada jalur yang dapat berakibat beralih  nya tongkat dari tangan kiri atlet ke tangan kanan.

Untuk itu perlu latihan, yaitu dengan pola yang dapat di tempuh untuk membiasakan ritme lari pada jalur yang tepat, berikut diantaranya:

  • Untuk pelari pertama memegang tongkat di kan dan berlari di tepi bagian dalam jalur.
  • Untuk pelari kedua memegang tongkat di  tangan kiri dan tetap berada di luar.
  • Untuk pelari ketiga memegang tongkat di tangan kanan dan tetap berada di dalam
  • Untuk pelari keempat memegang tongkat di tangan kiri dan menerima di luar.

9. Teknik Waktu Peralihan Tongkat

waktu peralihan tongkat
www.jurnalponsel.com

Waktu peralihan tongkat harus terjadi di dalam zona penerimaan atau pemberian (changeover) yaitu sepanjang 20  meter, yang berada diantara tanda kuning.

Untuk pelari penerima tongkat bisa berlari sampai 10 meter di depan zona tukar. Berikut beberapa trik untuk posisi penerimaan atau pemberian tongkat, yang memaksimalkan kecepatan dan juga kelancaran tranfer tongkat.

  • Kalian bisa menukar tongkat sekitae 5 meter dari ujung zona. Hal ini memberi penerima lebih banyak waktu untuk mempercepat  sebelum menerima
  • Kemudian jika para atlet memiliki masalah dengan pemberian tongkat yang cepat, atau mereka merasa gugup dan melambat saat menunggu, untuk itu lakukan lah tukar tongkatnya saat berada di tengah zona.
  • Jika salah satu atlet secara signifikan lebih cepat dari pada yang lain, mereka juga dapat menerima lebih awal di zona tersebut dan juga membawa tongkat itu lebih dari 100 meter.

10. Teknik Tetap Berlari

teknik tetap berlari
olahragapedia.com

Tetap berlari ini juga sangat penting. Karena sebuah kesalahan dalam lari estafet jika pelari melambat sebelum melepaskan tongkat. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu teknik tetap berlari.

Caranya adalah dengan membentuk kebiasaan berlari melewati zona. Terus berlari sampai akhir setengah jalan melalui kaki berikutnya. Kemudian jika kedua pelari yang bertemu dan memposisikan diri dengan baik ( di sisi berlawanan dari jalu).

Maka pelari yang masuk harus bisa berlari jauh di belakang tanpa takut akan adanya terjadi tabrakan.

 

Mungkin sekian untuk bahasan tentang pengertian lari estafet beserta sejarah dan juga teknik nya.

 

Tinggalkan komentar