Pengertian Lompat Jauh, Sejarah, Teknik dan Lapangan nya

Pengertian Lompat Jauh – merupakan cabang dari olahraga atletik. Olahraga yang satu ini sudah banyak dipertandingkan di turnamen-turnamen besar.

Cara melakukan olahraga tersebut yaitu dengan berlari secepat nya lalu melompat sejauh mungkin pada area yang telah ditentukan  sesuai aturan.

Pasti banyak dari kalian yang sudah tidak asing lagi dengan permainan olahraga lompat jauh.

Karena  olahraga yang satu ini banyak dimainkan di kalangan masyarakat, terutama oleh kalian yang masih duduk di bangku sekolah.  Selain lompat jauh, masih banyak cabang olahraga atletik yang sering dimainkan, baca selengkapnya macam-macam atletik.

Oleh karena itu, saya akan membahas materi tentang lompat jauh, yang meliputi pengertian, sejarah, dan juga teknik nya.

Pengertian Olahraga Lompat Jauh

pengertian lompat jauh
walpaperhd99.blogspot.com

Adapun pengertian secara umum lompat jauh ialah bentuk gerakan melompat ke depan atas dengan usaha agar badan melayang di udara yang dilakukan dengan cepat dan juga dengan cara melakukan tolakan satu kaki untuk menghasilkan jarak sejauh mungkin.

Pemain atau atlet lompat tinggi biasanya akan mengambil ancang-ancang sejauh 30 meter dari garis lompat, kemudian mempercepat langkah kakinya hingga kecepatan maksimum sebelum melakukan loncatan atau tolakan dengan satu kaki se dekat mungkin dari tepian garis lompat.

Apabila pemain atau atlet melompat melebihi batas garis lompat, maka lompatan tersebut dibatalkan atau tidak sah.

Sedangkan bila peserta melompat jauh dari belakang sebelum batas garis lompat itu diperbolehkan, tapi ia juga kehilangan jarak berharganya.

Jadi pemain atau sang atlet harus berlari se kencang mungkin dan melakukan loncatan di dekat garis tepi lompat supaya hitungannya lebih maksimal.

 

Sejarah Lompat Jauh

sejarah lompat jauh
ibnuasmara.com

Olahraga lompat jauh ini bermula pada 13 abad yang lalu. Olahraga tersebut sudah muncul pada tahun 708 Masehi saat ada Olimpiade Kuno di Negara Yunani.

Olahraga lompat jauh juga termasuk kedalam satu-satunya event olahraga lompat  yang telah dilombakan pada Olimpiade kuno.

Saat itu, berdasarkan catatan sejarah, lompat jauh pernah di jalankan peserta sparta yang panjang lompatan nya sampai 7,05 meter.

Pada awal mulanya, semua event yang di adakan pada Olimpiade Kuno dimaksudkan sebagai bentuk latihan para militer perang.

Kemunculan olahraga lompat jauh ini dipercaya bisa melatih ketangkasan prajurit perang dalam melompati rintangan seperti jurang atau juga parit.

Kala itu, teknik serta cara lompat jauh sangat berbeda dengan yang sekarang diterapkan. Pada saat itu dibuat dengan bentuk jamak dan  pelompat juga hanya diperbolehkan memakai start lari pendek .

Kemudian disamping itu, pelompat juga diharuskan untuk berlari sambil membawa beban pada kedua tangannya, atau lebih dikenal dengan halteres yang beratnya antara 1 sampai 4,5 kg.

Berdasarkan bukti berupa lukisan jaman dulu, berupa tembikar yang dibuat ketika zaman itu, menandakan jika teknik lompatan dibuat berkali-kali, sama dengan lompatan multiple, double-triple maupun quin-triple.

Menurut catatan sejarah, seorang atlet Olimpiade Kuno yang paling populer bernama Chionis. Ketika itu ia berhasil menciptakan suatu lompatan melewati 7 meter lebih 5 sentimeter, pada Olimpiade tahun 656.

Pada tahun 1914, Dr. Harry Eaton Stewart telah merekomendasikan supaya dibuat running broard jump di standarkan untuk atlet perempuan agar mereka pun dapat mengadakan kompetisi olahraga lompat jauh ini.

Pada akhirnya rekomendasi tersebut dipertimbangkan dan juga diterapkan. Oleh karena itu atlet perempuan pun bisa ikut kompetisi lompat jauh di level Olimpiade sesuai dengan standar perempuan.

Saat ini lompat jauh telah menjadi salah satu bagian dari kompetisi Olimpiade  dari pertama kali kemunculan lomba ini pada tahun 1896.

Meskipun olahraga ini bagian dari olahraga kuno, melainkan baru di tahun 1896 saat Olimpiade modern pertama, olahraga lompat jauh ini dilombakan dengan resmi, sementara bagi para wanita baru diawali di tahun 1948.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Hasil gambar untuk teknik awalan lompat jauh

Pada dasarnya teknik dasar dibutuhkan dalam semua jenis olahraga, karena itu penting untuk mempelajari sebuah permainannya.

Dalam melakukan permainan olahraga lompat jauh, juga memerlukan teknik supaya lompatan maksimal.

Olahraga yang satu ini juga dalam melakukan lompatan nya juga diperlukan keterampilan khusus.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang teknik dasar olahraga lompat jauh.

Pada dasarnya lompat jauh mempunyai empat teknik dasar, dan juga merupakan teknik utama. Berikut beberapa teknik dasar dalam bermain olahraga lompat jauh.

1. Teknik Awalan

untuk teknik lompat jauh
edukasicenter.blogspot.com

Pertama yaitu, teknik awalan lompat jauh yang benar yaitu seorang atlet atau pemain harus melalui lintasan sepanjang 40 meter menuju titik tolakan.

Jarak 40 meter ialah jarak yang ditentukan menurut standar Internasional. Saat melakukan start, pelompat bisa melakukan awalan dengan posisi berdiri.

Secara umum, kecepatan yang digunakan pada tahap awalan atau disebut start ini adalah lambat, lalu semakin melaju cepat saat semakin mendekati tolak.

Tahap ini merupakan tahapan penting dalam memperkirakan atau menentukan  jarak, kecepatan dan juga memperkirakan untuk melakukan lompat nya.

Tahap ini juga menentukan jauh dekatnya lompatan yang nantinya akan dihasilkan oleh atlet.

2. Teknik Lompatan

teknik lompat jauh
www.youtube.com

Kedua yaitu teknik lompatan, dalam melakukan nya teknik lompat jauh yang paling tepat ialah dengan menggunakan satu kaki saja.

Pada tahap ini pun pelompat harus benar-benar memperkirakan kaki mana yang dirasa paling kuat untuk digunakan,

Dalam melakukan tolakan menggunakan kaki paling kuat bukanlah perkara yang mudah, sebab terkait dengan kecepatan dalam melakukan perkiraan saat berlari.

Bila salah perkiraan justru malah akan menggunakan kaki yang lemah.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi kesalahan dalam melakukan perkiraan, sang pemain atau atlet harus membiasakan diri menggunakan kedua kaki secara bergantian saat melakukan tolakan.

Jadi dengan begitu, tidak akan ada masalah ketika menggunakan kaki mana saja saat melakukan tolakan, sebab sudah terbiasa dan kedua kakinya pun sama-sama kuat.

Saat kedua kaki sudah sama-sama kuat, sang atlet tidak akan merasa ragu lagi dalam melakukan lompatan.

3. Teknik Posisi Tubuh Saat di Udara

teknik posisi tubuh di atas
ibnuasmara.com

Ketiga yaitu teknik saat tubuh melayang di udara. Ketika itu saat di udara berkaitan dengan tiga gaya, seperti yang sudah disebutkan di awal.

Dalam tahap ini ada catatan penting dalam melakukannya khususnya bagi pemula, seorang pelompat tidak boleh kehilangan kendali atas kesandaran dan tubuhnya.

Dan kebanyakan pelompat yang masih pemula biasanya akan kehilangan kendali  dan kesandarannya saat tubuh berada di udara.

Pada teknik yang ini, seharusnya pelompat menggunakan salah satu gaya yang tadi sudah disebutkan.

Karena gaya tersebut penting dan akan menentukan hasil lompatan. Saat tubuh berada di udara, perkirakan lah titik jauh  dan gaya yang akan digunakan.

Dengan begitu tolakan yang diperoleh akan lebih maksimal.

4. Teknik Pendaratan

pendaratan lompat jauh
myartikelwinda.blogspot.com

Setelah mengetahui ketiga teknik dasar tersebut, maka kalian perlu mengetahui teknik yang terakhir yaitu, teknik pendaratan.

Pada tahap terakhir ini, pelompat disarankan melakukan pendaratan dengan menggunakan tumpuan dua kaki.

Hal tersebut akan mengurangi atau juga menghindari resiko terjadinya cidera dengan menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan pendaratan.

Lapangan Lompat Jauh

lapangan lompat jauh
perpustakaan.id

Lapangan olahraga atletik lompat jauh juga  mempunyai ukuran standar. Lapangan tersebut terdiri dari tiga bagian yaitu, lapangan lintasan untuk melakukan awalan, papan tolakan dan bak pasir.

Berikut penjelasan tentang ukuran lapang lompat jauh.

  • Untuk panjang bak lompat jauh ialah 9 meter
  • Untuk lebar bak lompat jauh yaiu 2,75 meter
  • Awalan lari sebelum melompat panjang lintasan nya ialah 1.22 meter
  • Untuk panjang papan tumpu ialah 1,22 meter
  • Lebar papan tumpu ialah 20 meter.
  • Area bak lompat jauh diisi dengan pasir

 

Demikianlah bahasan kali ini tentang pengertian lompat jauh yang meliputi sejarah, teknik dasar, dan lapangan.

Tinggalkan komentar