Pengertian Tenis Meja, Sejarah dan Cara Bermain nya

Pengertian Tenis Meja – Pada artikel kali ini sandinr.com akan membahas tentang pengertian tenis meja beserta sejarah singkatnya dan juga cara bermain nya.

Teknis meja juga lebih dikenal masyarakat dengan kata ping pong. Olahraga tenis meja ini sudah dikenal banyak orang dan juga sering dimainkan.

Dalam permainannya olahraga  yang satu ini juga membutuhkan sarana prasarana seperti, lapangan tenis meja, net, bet dan juga bola tenis meja.

Sama halnya dengan olahraga lain, dalam bermain nya olahraga tenis meja ini juga memerlukan sebuah teknik dasar.

Jika kalian ingin menjadi seorang atlet tenis meja atau pun hanya ingin bisa dalam bermain nya. Maka kalian perlu mengetahui terlebih dahulu tentang teknik dasar tenis meja Baca selengkapnya tentang teknik dasar tenis meja.

Olahraga yang satu ini kelihatan nya mudah untuk dimainkan, akan tetapi saat bermain olahraga ini lumayan sulit untuk dimainkan. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa memahami teknik dasar merupakan faktor utama dalam mempelajari dalam bermain nya.

Pada kali ini kita juga akan mengulas tentang cara bermain olahraga yang satu ini. Tapi sebelum itu kita terlebih dahulu akan membahas tentang pengertian dan juga sejarah singkatnya.

Pengertian Olahraga Tenis Meja

Pengertian tenis meja
www.aanwijzing.com

Tenis meja atau disebut juga ping pong yaitu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang untuk tunggal, dan dua pasangan untuk ganda yang berlawanan.

Permainan tenis meja ini menggunakan raket yang terbuat dari kayu yang di balut karet, dan benda ini biasa disebut bet.

Tenis meja ini berawal dari sebuah permainan yang bersifat rekreasi, olahraga yang satu ini menjadi olahraga serius dan turut diperlombakan di ajang Olimpiade.

Di Indonesia Induk Organisasi tenis meja ialah PTMSI ( Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia). Kalau Induk tenis meja dunia  yaitu ITTF ( International Table Tennis Federation )  yang anggotanya mencapai 217 Negara, dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.

Olahraga tenis meja ini peminatnya pun banyak, tak sebatas pada para atlet tenis meja, tetapi juga merambah juga ke klub atau perkumpulan nonformal di masyarakat.

Di Negara Republik Rakyat Tiongkok olahraga tenis meja ini, nama resminya ialah “bola ping pong”.

Kalian juga bisa mengetahui tentang olahraga lainnya di sandinr.com

 

Sejarah Tenis Meja

sejarah tenis meja
www.mediamaya.net

Olahraga tenis meja ini dibuat di Inggris sekitar pada abad ke-19. Dan dimainkan oleh orang kelas atas sebagai permainan indoor setelah makan malam.

Olahraga tenis meja mempunyai beberapa nama, salah satunya seperti, “whiff whaff” dan disarankan bahwa permainan tenis meja ini pertama kali dikembangkan oleh tentara Inggris di India dan Afrika Selatan, dimana mereka membawanya kembali ke Negara Inggris.

Sebaris buku {dibentuk|disusun} ditengah meja sebagai net, di mana dua bukunya berfungsi untuk memukul bola golf.

Nama “ping-pong” {diterapkan|digunakan|dipakai|diaplikasikan} hampir {semua|segala|seluruh} negara sebelum perusahaan Inggris J. Jaques & Son Ltd menjadikannya merek dagang pada tahun 1901.

Nama “ping pong kemudian digunakan untuk permainan yang dimainkan peralatan Jaques, serta perusahaan lain menyebutnya tenis meja.

Hal tersebut juga sama terjadi di Amerika Serikat, yaitu dimana Jaques menjual hak nama “ping pong” kepada Parker Brothers.

Lalu Parker brother menjadikan nama tersebut menjadi merek dagang pada tahun 1920 an. Membuat organisasi lainnya mengubah nama menjadi nama “tenis meja” di banding menggunakan nama yang lebih umu, tetapi dengan merek dagang.

Perubahan besar berikutnya dilakukan oleh James W. Gibb pencinta tenis meja, yang menemukan bola seluloid dalam perjalanan menuju AS 1901 dan menurutnya cocok permainannya.

Dan ini di ikuti E.C. Goode pada tahun yang sama, menciptakan versi modern dari raket dengan memasang selembar karet yang diberi beri bintik pada kayu yang sudah di asah.

Permainan olahraga tenis meja mulai terkenal pada tahun 1901 dikarenakan turnamen yang dibuat, buki yang menuliskan tentang tenis meja, serta kejuaraan dunia resmi pada tahun 1902.

Pada awal 1900 an, permainan tenis meja ini dilarang di Rusia Sebab penguasa pada masa itu mempercayai bahwa  memainkan tenis meja memiliki efek yang buruk pada penglihatan pemain.

Pembentukan Organisasi Tenis Meja

Pada tahun 1921, dibuatlah Asosiasi Tenis Meja (TTA) yang dibuat di Inggris, serta di ikuti Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) pada tahun 1926.

Dan pada tahun 1926, London menjadi tuan rumah kejuaraan Dunia resmi pertama. Tahun 1933 dibentuk Asosiasi tenis meja Amerika Serikat,  yang sekarang disebut Tenis Meja Amerika.

Edgar Snow berkomentar di Red Star Over China  bahwa pihak komunis di perang saudara China memiliki hasrat untuk Tenis Meja asal Inggris yang menurutnya ganjil, komentar ini pada tahun 1950 an.

Raket menggunakan lembaran karet serta digabung dengan lapisan spons pada dasarnya mengubah permainan secara dramatis. Serta meningkatkan kecepatan dan juga perputaran bola, ini terjadi pada tahun 1950 an.

Dan alat tersebut di perkenalkan perusahaan alat olahraga Inggris S.W Hancock Ltd. Serta Penggunaan lem kencang bisa meningkatkan kecepatan dan perputaran lebih jauh, yang menciptakan perubahan kelengkapan untuk “menurunkan kecepatan permainannya”.

Olahraga Tenis Meja ini diperkenalkan sebagai cabang Olimpiade pada tahun 1988.

Cara Bermain Tenis Meja

cara bermain tenis meja
www.youtube.com

Dalam olahraga tenis meja, kebanyakan masih bingung dalam cara bermain nya. Tenis meja ini memiliki dua cara bermain yaitu permainan tunggal dan permainan ganda. Berikut penjelasan tentang cara bermain tenis meja.

1. Permainan tunggal

– Tiap bola mati menciptakan nilai satu.

– Servis berganti pemain tiap menempuh nilai kelipatan 5.

– Untuk Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan.

– Permainan satu set berakhir kalau pemain menempuh nilai 11, dan kemenangan diraih kalau menempuh 3 kali kemenangan set.

– Jikalau terjadi deuce, permainan berakhir kalau selisih nilai yakni 2. misal: 15-13, 18-16

 

2. Permainan ganda

– Tiap bola mati menciptakan nilai satu.

– Servis bergantian tiap nilai kelipatan 5.

– Pemain bergantian menerima bola dari lawan

– Pemegang servis hanya dapat menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan.

– Permainan satu set berakhir kalau pemain menempuh nilai 11, dan kemenangan diraih kalau menempuh 3 kali kemenangan set.

– Jikalau terjadi deuce, permainan berakhir kalau selisih nilai yakni 2. misal: 15-13, 18-1

Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja

teknik pukulan dalam bermain nya
kampus-pjok.blogspot.com

Dalam permainan tenis meja juga memiliki teknik pukulan dalam bermain nya. Karena pukulan menjadi salah satu penentu sebuah tim dalam mencetak poin.

Berikut beberapa teknik pukulan dalam permainan tenis meja.

1.  Push

Teknik pukulan ini biasanya dengan memukul bola dengan gerakan mendorong atau posisi bet terbuka. Pukulan tersebut biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan.

Teknik push terbagi dua jenis yaitu forehand push dan backhand drive.

2. Drive

Teknik pukulan drive  merupakan teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas lengan posisi bet dalam bet dalam keadaan tertutup.

3. Chop

Teknik Pukulan chop merupakan teknik memikul bola dengan gerakan semacam menebang dengan kapak. Pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam -macam yang kadang sulit di tangkis.

Pukulan tersebut terbagi dua yaitu forehand chop dan bachand chop.

4. Blok

Blok merupakan teknik pukulan bola dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan blok ini biasanya digunkan untuk mengembalikan bola-bola drive5. Spin

6. Lob

Teknik pukulan lob merupakan pukulan bola lambung ke arah yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola kearah pertahanan,

7. Smash

Teknik pukulan smash merupakan pukulan yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan,

 

Demikian bahasan tentang pengertian tenis meja beserta sejarah, cara bermain dan juga teknik pukulan nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian tentang dunia olahraga.

Tinggalkan komentar