Penyebab Gunung Meletus beserta Dampaknya

Penyebab Gunung meletus – merupakan fenomena alam yang diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu yang signifikan.

Letusan gunung secara umum terjadi karena endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

Gunung berapi dapat di artikan secara umum ialah sebuah sistem fluida yang terdiri atas batuan cair bersuhu tinggi. Dan memiliki struktur memanjang dari kedalaman lapisan atmosfer kurang lebih 10 kilometer sampai permukaan laut.

Cara mengatasi gunung meletus sebelum terjadi  yaitu melakukan pemantauan dan pengamatan  kegiatan pada gunung api yang sedang aktif sebagai upaya antisipasi bila terjadi letusan.

Proses terjadinya letusan gunung ialah diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu. Yang mampu meleleh kan material bantuan di sekitarnya, yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar.

Apalagi gunung berapi di Indonesia masih banyak yang masih aktif sampai sekarang.

Beberapa gunung yang terkenal  dengan letusan nya yakni misalnya gunung krakatau yang meletus pada tahun 1883 dan berdampak secara global.

Ciri-ciri gunung berapi yang akan meletus diantaranya ialah ditandai dengan suhu disekitar gunung naik, mata air jadi kering, sering mengeluarkan suara gemuruh, tumbuhan di sekitar gunung layu dan lain sebagainya.

Letusan gunung berapi yang dikeluarkan berupa gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas dan juga lahar.

Adapun yang kita bahas pada kesempatan kali ini ialah penyebab gunung meletus.

Penyebab Gunung Meletus

penyebab gunung meletus
www.keepsoh.com

Seperti yang tadi sudah di jelaskan penyebab gunung meletus karena magma yang terkumpul di dapur magma yang terletak dibawah gunung berapi sudah penuh yang akhirnya terdorong keluar dari gunung berapi.

Magma yang sudah keluar disebut dengan lava. Lava ini mempunyai suhu 700 sampai 1200 derajat celcius.

Gunung berapi yang meletus adalah salah satu bencana alam yang cukup berbahaya dan bisa menimbulkan banyak kerusakan dan kerugian yang besar.

Karena hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya pemukiman dan juga pertanian penduduk. Letusan gunung berapi juga dapat menyebabkan pencemaran udara, hingga dapat merusak alam.

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya letusan gunung.

1. Peningkatan Kegempaan Vulkanik

pergerakan tektonik lapisan bumi
smp.prasacademy.com

Pertama, penyebab meletus nya gunung ialah karena adanya peningkatan kegempaan vullkanik yang terjadi. Gempa vulkanik ialah gempa bumi akibat aktivitas vulkanisme atau ke gunung apian.

Gempa bumi vulkanik terjadi sebab aktivitas magma di dalam gunung berapi. Bila peningkatan kegempaan vulkanik terjadi berkali-kali bisa menjadi penyebab gunung meletus.

Bila aktivitas kegempaan vulkanik semakin hari semakin membesar. maka  gunung berapi bisa meletus dan akan dilakukan penyuluhan masyarakat sekitar untuk waspada dan melakukan pemantauan yang harus terus dilakukan.

2. Pergerakan Tektonik Pada Lapisan Bumi

pergerakan tektonik lapisan bumi
susilo-wardoyo.blogspot.com

Penyebab kedua gunung meletus ialah karena ada pergerakan lempeng tektonik yang terjadi pada lapisan bumi.

Pergerakan  tersebut yang terjadi pada struktur lapisan bumi dibawah gunung, misalnya gerakan lempeng dapat menyebabkan meningkatnya tekanan pada dapur magma.

Yang pada akhirnya akan membuat magma tersebut terdorong ke atas hingga berada tepat dibawah kawah. Selain itu juga dapat menyebabkan suhu kawah meningkat secara signifikan.

Hal tersebut juga akan menyebabkan air dan tanah sekitar kawah akan menjadi kering.

Pada kondisi tersebut banyak hewan-hewan yang ada disekitar gunung bermigrasi dan juga terlihat gelisah.

3. Terjadinya Deformasi Badan Gunung

terjadinya deformasi badan gunung
ekliptika.wordpress.com

Penyebab ketiga yakni, deformasi badan gunung ialah peningkatan gelombang magnet dan listrik sehingga menyebabkan struktur lapisan batuan gunung yang dapat mempengaruhi bagian dalam seperti magma menjadi tersumbat akibat dari deformasi batuan penyusun gunung.

Hal tersebut dapat diketahui dengan analisa geometri yang dilakukan menggunakan data hasil pengamatan yang terdiri dari pergeseran dan regangan.

4. Lempeng-Lempeng Bumi yang Saling Berdesakan

Hasil gambar untuk Lempeng-Lempeng Bumi Saling Berdesakan
slideplayer.info

Penyebab keempat yaitu gunung meletus juga bisa terjadi sebab lempengan-lempengan bumi yang saling berdesakan atau saling berhimpit satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut dapat menyebabkan tekanan besar dan juga dorongan ke permukaan bumi sehingga menimbulkan berbagai gejala tektonik, vulkanik dan juga meningkatkan aktivitas geologi gunung.

Lempengan ialah salah satu bagian dari kerak bumi yang akan terus bergerak setiap saat.

Daerah pegunungan atau gunung adalah area dimana kedua lempeng atau lempeng-lempeng tersebut saling bertemu dan desakan yang di akibatkan pertemuan itu bisa menyebabkan perubahan struktur dalam gunung berapi

5. Adanya Tekanan yang Sangat Tinggi

adanya tekanan yang sangat tinggi yang menyebabkan gunung meletus
satujam.com

Kemudian penyebab gunung meletus yang kelima ialah adanya tekanan yang sangat tinggi.

Pada sebelumnya penyebab letusan gunung  akan menyebabkan dorongan cairan magma untuk bergerak keatas dan masuk ke saluran kawah dan keluar.

Jika di sepanjang perjalanan magma dalam menyusuri saluran kawah tersebut mengalami sumbatan, maka dapat menyebabkan berbagai macam gejala tektonik lainnya.

Perlu diketahui bahwa semakin besar tekanan dan juga volume magmanya, maka semakin kuat pula ledakan yang mungkin bisa terjadi.

Dampak yang akan dihasilkan oleh ledakan gunung berapi ini juga akan semakin besar dan berbahaya.

Mungkin itulah beberapa penyebab gunung meletus secara umum yang perlu kalian ketahui.

Salah satu faktor utama gunung meletus ialah dikarenakan faktor alam dan bukan karena ulah manusia, sebab gunung meletus termasuk salah satu bencana alam.

Selanjutnya kita akan membahas tentang dampak dari letusan gunung.

Dampak Dari Gunung Meletus

untuk dampak letusan gunung
thegeekhost.com

Setelah mengetahui tentang penyebab terjadinya letusan gunung, kalian juga perlu mengetahui tentang dampak yang ditimbulkan dari letusan gunung tersebut.

Gunung berapi di Indonesia yang banyak di jumpai sebenarnya berisi material panas yang berbentuk lava atau cairan.

Letusan gunung yang seolah tidak bisa lepas yang akan berdampak pada  kehidupan manusia khususnya bagi masyarakat yang ada disekitar gunung berapi.

Masyarakat yang tinggal dia area dekat gunung berapi hanya dapat menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya. Termasuk dengan adanya gunung yang sebenarnya berbahaya terlebih saat mengalami kenaikan aktivitas gunung berapi pada lapisan.

Berikut beberapa dampak dari letusan gunung berapi

Dampak Positif

dampak positif letusan gunung berapi
geografiupi2010.blogspot.com

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa letusan dari gunung akan berdampak bagi lingkungan sekitar, baik positif maupun negatif.

Berikut diantaranya dampak positif yang diberikan dari letusan gunung berapi.

1. Munculnya mata air yang mengandung banyak mineral, mata air ini biasa disebut dengan makdani.

2. Tanah yang terkena abu vulkanik akibat dari letusan gunung tersebut dapat menyuburkan tanah dan sangat baik untuk bercocok tanam.

Hal tersebut sangat bermanfaat terutama bagi penduduk sekitar yang menggarap tanah tersebut untuk di tanam berbagai jenis sayuran atau lainnya.

3. Berpotensi dapat terjadi hujan orografis di daerah vulkanis

4. Pepohonan yang rusak akibat dari letusan gunung, akan cepat digantikan dengan pepohonan baru yang tumbuh yang membentuk suatu ekosistem baru.

5. Munculnya geyser atau sumber mata air panas yang bagus untuk kesehatan kulit.

6. Membuka lapang kerja baru bagi penduduk sekitar yakni sebagai penambang pasir. Material vulkanik yang keluar dari gunung berapi yang berupa pasir dapat di jual.

7. Batu yang keluar dari gunung berapi berguna untuk menjadi bahan bangunan

8. Baik untuk didirikan pembangkit listrik.

Dampak Negatif 

 dampak positif letusan gunung berapi
www.kaskus.co.id

Selain memberikan dampak positif, letusan gunung berapi juga memberikan dampak negatif bagi lingkungan sekitar. Apa sajakah dampak negatif yang ditimbulkan dari letusan gunung.

Berikut adalah beberapa dampak negatif yang dihasilkan dari letusan gunung berapi.

1. Abu vulkanik yang ditimbulkan letusan gunung berapi selain berdampak positif bagi kesuburan tanah, juga dapat berdampak negatif yang akan merusak segala yang dilewatinya.

2. Terjadinya hujan debu dapat mengakibatkan kecelakaan karena jalan licin tertutup debu, serta juga dapat menghalangi pandangan.

Selain itu juga dapat mencemari udara sekitar yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global.

3.  Material yang dikeluarkan dari letusan gunung dapat memicu munculnya penyakit, seperti infeksi saluran pernafasan, sakit kulit, batuk-batuk dan lain sebagainya.

4. Lahar panas yang keluar dari gunung dapat mengakibatkan kebakaran hutan, sehingga ekosistem hutan terancam. Termasuk hewan yang tinggal didalamnya.

5. Terhentinya semua kegiatan masyarakat sekitar, termasuk  kegiatan ekonomi

6. Seperti yang tadi sudah di jelaskan, bahwa material yang ditimbulkan dapat memicu penyakit. Contoh material letusan gunung salah satunya yaitu abu vulkanik yang memiliki beberapa kandungan zat berbahaya seperti:

– Hidrogen sulfida (H2S)

– Sulfur dioksida (SO2)

– Nitrogen dioksida dan lain sebagainya.

Mungkin itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari letusan gunung berapi.

 

Demikian bahasan dari sandinr.com tentang penyebab gunung meletus beserta dampak yang ditimbulkannya.

Tinggalkan komentar