Teknik Lempar Lembing, Pengertian dan Sejarahnya

Teknik Lempar Lembing – merupakan salah satu teknik olahraga atletik yang perlu kalian ketahui.

Didalam cabang olahraga atletik lain juga diperlukan teknik, dalam melakukannya. Sama halnya dengan olahraga lain lempar lembing juga membutuhkan teknik dalam segi melakukan sebuah lemparan.

Cabang olahraga atletik yang satu ini juga termasuk cabang olahraga yang banyak digemari dan juga banyak dimainkan.

Olahraga lempar lembing ini memiliki kesamaan dengan cabang olahraga lainnya seperti lempar cakram, tolak peluru dan lain sebagainya, karena sama-sama di lempar.

Tentunya jika kalian ingin bisa bermain cakram atau bahkan ingin menjadi seorang atlet cakram, langkah pertama yaitu belajar teknik nya terlebih dahulu.  Agar hasil lemparan nya lebih maksimal.

Sebelum membahas tentang teknik lempar lembing, kita akan terlebih dahulu membahas tentang pengertian dan sejarahnya.

Pengertian Olahraga Lempar Lembing

 pengertian lempar lembing
www.yuksinau.id

Lempar lembing merupakan salah satu olahraga atletik dengan cara melemparkan sebuah lembing yang berbentuk tombak.

Lembing ini sebagai benda atau alat yang di lempar nya, lembing ini berbentuk tombak.

Jadi lempar lembing ini olahraga yang melakukannya dengan cara melempar lembing yang berbentuk tombak.

Dalam melemparnya, tentu saja menggunakan teknik tertentu, supaya hasil lemparan nya lebih maksimal.

Pada dasar nya cabang olahraga ini berarti melempar lembing dari tangan dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan jarak lemparan sejauh mungkin. Selain lempar lembing, masih banyak cabang olahraga atletik lainnya baca selengkapnya tentang macam-macam atletik, supaya kamu bisa menambah wawasan tentang olahraga atletik.

 

Sejarah Olahraga Lempar Lembing

sejarah lempar lembing
aturanpermainan.blogspot.com

Lempar lembing  ini sebenarnya merupakan salah satu aktivitas dan keterampilan sehari-hari yang dimiliki oleh manusia sejak jaman purba. Karena pada zaman purba dimana manusia bertahan hidup dengan cara berburu.

Dengan adanya lembing atau disebut juga dengan tombak ini menunjukan bahwa adanya kemajuan proses berfikir pada manusia purba.

Karena mereka mulai bisa membuat alat yang berguna untuk bertahan hidup. Selain dari peralatan yang lain seperti dari batu kapak perimbas, pisau batu dengan permukaan samping yang tajam dan juga pentungan.

Tombak atau lembing ini, yaitu selain senjata yang dapat dilemparkan hingga mengenai target, juga dapat digunakan sebagai senjata dengan jangkauan yang lebih panjang di banding pedang.

Meskipun manusia mulai berkembang dan telah mengetahui logam untuk membuat bermacam-macam senjata seperti pedang, panah, pistol dan lain sebagainya, melainkan aktivitas melempar lembing ini konsisten bertahan lama.

Konon katanya olahraga lempar lembing ini bermula dari kegiatan lempar tombak pada zaman dahulu.

Awal Adanya Olimpiade Lempar Lembing

Pada awal peradaban tinggi yaitu peradaban Yunani Kuno, olahraga lempar lembing telah diperlombakan dalam Olimpiade kuno, pada tahun 776 SM.

Namun pada saat itu belum diketahui secara pasti mengenai peraturan dalam olahraga tersebut dibanding dengan lempar lembing sekarang.

Tapi yang jelas lomba pada olahraga yang satu ini pada jaman dahulu tidak hanya mengejar poin saja dengan lemparan terjauh. Akan tetapi ada juga perlombaan lempar lembing dengan tujuan target tertentu seperti pertandingan olahraga memanah.

Pada saat itu Achiiles merupakan prajurit sparta yang merupakan pelempar lembing yang tidak terkalahkan pada saat itu. Ia dikenal tak hanya keahlian nya dalam pertandingan, tapi juga dalam medan perang.

Olahraga yang satu ini mulai masuk sebagai cabang olahraga atletik Olimpiade modern pada tahun 1908, lempar lembing ini tak hanya di ikuti oleh laki-laki saja.

Untuk peraturannya sendiri pada saat waktu itu terbilang sederhana, atlet melempar lembing dengan ujung yang runcing di lempar dengan sejauh-jauhnya.

Lalu untuk pemenangnya sendiri itu diperoleh jika seorang atlet mampu melempar lembing dengan jarak terjauh diantara peserta lainnya.

Kemudian Olimpiade pada tahun 1932, olahraga ini akhirnya juga di peruntukan untuk perempuan dengan menggunakan lembing yang berbeda dengan lembing laki-laki.

Semenjak saat itu, Olahraga cabang atletik pada lempar lembing di buka untuk dua kelas yaitu, untuk laki-laki dan perempuan.

Demikianlah sekilas tentang sejarah lempar lembing. selanjutnya kita akan membahas tentang teknik lempar lempar lembing

Teknik Lempar Lembing

teknik lempar lembing
www.yuksinau.id

Dalam melakukan lempar lembing tentunya membutuhkan suatu teknik agar suatu lemparan tersebut lebih maksimal. Berikut beberapa teknik dalam lempar lembing.

1. Teknik Memegang Lembing

Hasil gambar untuk teknik memegang lembing

Dalam olahraga lempar lembing, pertama yaitu teknik memegang lembing. Ada dua cara dalam teknik memegang lembing yang umum digunakan yaitu, cara Finlandia dan Amerika.

Dalam teknik tersebut keduanya masing-masing memiliki sedikit perbedaan dalam caranya.

  • Cara Memegang Lembing Menggunakan Teknik Finlandia

Pertama yaitu teknik memegang lembing menggunakan cara Finlandia. Memegang dengan cara Finlandia yaitu dengan memegang lembing pada bagian belakang lilitan dengan menggunakan ibu jari dan jari tengah.

Sementara itu posisi telunjuk pada sepanjang batang lembing agak serong sedikit.

  • Cara Memegang Lembing Menggunakan Teknik Amerika

Kedua yaitu teknik memegang lembing menggunakan teknik Amerika yaitu, jari telunjuk dengan posisi melingkar dengan memegang bagian belakang lilitan.

Sementara itu untuk posisi ibu jari di permukaan yang lain dengan menekan lembing.

2. Teknik Membawa Lembing

teknik membawa
walpaperhd99.blogspot.com

Kedua yaitu teknik membawa lembing, dalam membawa lembing ada beberapa teknik yang kalian harus ketahui. Berikut beberapa teknik dalam membawa lembing.

  • Pertama yaitu, lembing dibawa dan berposisi di atas bahu yakni dengan cara di panggul. Kemudian posisi mata lembing menghadap depan menyerong ke atas.
  • Kedua yaitu, lembing dibawa di belakang badan di sepanjang alur lengan, dengan posisi mata lembing menghadap depan dengan menyerong ke atas.
  • Untuk teknik yang ketiga yaitu, lembing di bawa dengan posisi lembing diatas bahu, kemudian posisi mata menyerong ke bawah.

3. Teknik Awal Berlari Lempar Lembing

untuk teknik awal berlari lempar
www.yuksinau.id

Ketiga yaitu tentang teknik awal berlari lempar lembing. Didalam cara melakukan lempar lembing tentunya di awali dengan berlari.

Untuk Awal sendiri itu tujuannya sebagai pembangun kecepatan gerak tubuh untuk kepentingan sebuah gerak tubuh dan juga berpengaruh dalam hasil lemparan.

1. Pertama yaitu pada awalan lari lembing, atlet pelempar lembing perlu berlari sembari membawa lembing tepat di atas kepala sambil menekuk bagian lengan. Kemudian arahkan siku kedepan dan si telapak mengarah ke atas.

2. Sedangkan untuk posisi lembing, pastikan posisinya sejajar dan letaknya diatas garis paralel dengan tanah.

3. Untuk bagian terakhir dari teknik awalan yaitu dikenal dengan cross steps atau disebut langkah silang.

Pada steps ini meliputi hop-steps atau jingkat, cross step atau dengan langkah silang dibagian depan, dan juga cross steps dengan silang di belakang.

4. Kemudian dalam peralihan cross steps atlet perlu memutar kedua bahu secara perlahan ke arah kanan saat menurunkan kaki kiri.

Sedangkan lengan kanan harus mulai digerakkan dan diluruskan ke belakang. Dan disitu titik pusat grvitasi bisa turun perlahan dari yang tadinya meningkat ketika melakukan awalan lari.

5. Fokus kan pandangan kearah depan selalu.

4. Teknik Melempar Lembing

teknik melempar
mywordsport.blogspot.com

Setelah lari awalan kemudian harus melakukan lemparan lembing. Dalam melemparnya pun ada teknik nya.

1. Saat akan melemparkan lembing dari atas kepala, pastikan bahwa bawa lembing kebelakang dengan tangan yang lurus di putar kearah dalam.

Kemudian rebah kan badan ke belakang dengan lutut kaki kanan disaat yang sama dengan pembengkokan siku.

2.Bawa lembing secepat kilat ke atas kepala sambil mendorong pinggul ke depan, barulah kemudian lembing dilemparkan sekuat daya ke depan dari atas kepala.

Dalam posisi ini, tangan lurus dan dibantu dengan kaki kanan di tolak kan sekuat nya dan badan di lonjak kan ke depan.

3. Lalu lepaskan lembing disaat lurus dan pangkal lilitan tali lembing bisa di dorong dengan jari-jari tangan.

5. Teknik Melepaskan Lembing

TEKNIK MELEPASKAN
www.yuksinau.id

Kelima yaitu teknik melepaskan lembing, teknik melepas lembing yang benar yaitu ketika ditarik, sedangkan lengan melakukan gerakan melempar ke depan atas dengan kuat melalui poros bahu.

Badan bergerak lewat kaki depan kemudian lembing dilepaskan.

Untuk tahapan terakhir  yaitu kaki langkah kan ke depan untuk menjaga keseimbangan gerak agar tidak terjatuh dan juga supaya tidak melebihi garis batas lemparan.

Tinggalkan komentar